Sabtu, 30 November 2013

Ayam Poland atau Ayam Jambul ( Ayam polish )

ayam-poland-atau-ayam-jambul-ayam-polish

        Ayam poland atau ayam polish sapaan baginya yang akrab di negara eropa ini, memiliki ciri yang pastinya jambul dikepalanya hingga menutupi kedua kepalanya. Konon menurut bahasa kata poland, dianggap asal ayam ini dari negara poland tetapi itu salah. Murunut cerita cerita lama ayam ini justru berasal dari negara belanda. Selain memiliki jambul atau bulu yang menutupi kepala hingga matanya ayam poland juga memiliki ke unikan dalam balunganya atau bentuk tubuhnya. Meskipun di indonesia umumnya ayam ini dianggap sebagai ayam hias, tapi pada dasarnya ayam poland merupakan ayam petelur.

        Bicara masalah harga, ayam poland di indonesia memiliki variasi harga yang berbeda yang tentunya dipengaruhi oleh kualitas, jenis, dan umur ayam poland itu sendiri. Harga pada umumnya yang dipengaruhi oleh umur sebagai berikut :
* Umur 1 bulan Rp80.000
* Umur 2 bulan Rp100.000
* Umur 3 bulan Rp150.000
* Umur 4 bulan Rp200.000
* Untuk indukan ayam poland mencapai harga Rp800.000/ pasang
Harga diatas saya cari informasi dari web penjualan salah satu peternak yang menjual nya secara online di internet. Untuk cara pembelian dengan mentransfer uang terlebih dahulu atau ketemuan langsung, apabila transfer maka barang kirim-kirim melalui pengiriman jasa kereta api untuk wilayah kota-kota di pulau jawa. Untuk pengiriman luar pulau jawa menggunakan jasa argo pesawat. Untuk biayanya sendiri saya kurang begitu faham berapa nominalnya, tapi khusus pengiriman jalur darat atau ekspedisi kereta api berkisar 50ribu-60ribu saja tergantung apa jalur ekspedisi pelayanya.

      Untuk memelihara ayam poland tidaklah susah dan tidak dibutuhkan tempat atau perawatan khusus. Sebab selain jinak ayam poland bersifat layaknya ayam kampung biasa. Perawatan khusus paling peternak hanya perlu memperhatikan bulu jambul pada kepalanya yang menutupi mata, sebab jika tidak diperhatikan bulu yang menutupi mata ayam bisa mengganggu pengelihatanya saat makan. Untuk warna atau jenis, sekarang ayam poland sudah memiliki berbagai macam jenis dan warna yang berbeda-beda sehingga menimbulkan kesan unik. Harga tinggi hingga 10juta rupiah pun sempat terjadi di indonesia khususnya, tapi tentu ayam yang mendapat harga khusus setinggi itu memiliki kelebihan dan kualitas yang lebih dari ayam poland pada umunya. Dengan cara mengawin silangkan ayam poland dengan ayam jenis lain, ini membuat peternah berlomba untuk mendapatkan ayam jenis baru yang lebih unik tentunya. Contoh silngkan dengan ayam kampung, kapas, kate, walik, dan jenis lainya  demi mendapatkan harga yang memuaskan tentunya. Semakin unik dan indah dilihat maka semakin tinggi pula kualitas harga jualnya sebagai ayam jenis hias.

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Posting Komentar