Sabtu, 30 November 2013

Tips cara Memilih Ayam Bangkok Berkualitas

Ayam bangkok juara


      Ayam bangkok salah satu ayam yang paling diminati dari orang jaman simbah sampai sekarang. Jaman saya masih kecil, tidak ada larangan sabung ayam, berbeda dengan sekarang acara sabung ayam sudah dianggap hal buruk karena memiliki pandangan negatif yang cenderung pada tindak perjudian. Namun demikian masih saja aja para masyarakat yang nekat, meskipun ngumpet-ngumpet dari aparat. Disini saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang tata cara memilih bibit ayam bangkok yang bagus untuk bekal sambung / aduan. Ayam bangkok sudah lama dikenal sebagai ayam aduan yang bagus, karena postur yang bagus, tulang yang besar dan badan terlihat kekar mempal jika di bandingkan ayam-ayam pada umumnya. Selain faktor katuranggan, ayam bangkok lebih memiliki mental petarung yang bagus. Berdeda dengan ayam kampung yang mentalnya kabur balik lagi, keok nantang lagi, bahasa jawanya (wani wani angas). Bagi para pecinta ayam bangkok tentu memiliki ayam bangkok yang kuat, bermental bagus, serta kualitas gaya tarung yang bagus adalah syarat wajib demi memenuhi kepuasan batin.

     Berikut sebagai tips agar teman-teman bisa memiliki ayam idaman yang bagus, selain dari pengalaman pribadi saya dan sumber-sumber dari teman pencinta ayam bangkok tentunya. Jika memilih ayam bangkok anda harus memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut, diantaranya meliputi :
1. Kepala berbentuk elips lonjong hampir menyerupai burung jalak
2. Paruh yang tebal, kuat, dan panjang yang serasi bila di perhatikan
3. Leher yang tebal dan melengkung (jika dilihat dari kepala ke badan membentuk angka 2)
4. Badan yang panjang tegap, serta dada bidang
5. Sayap yang mengapit rapat kuat serta panjang
6. Bahu menonjol dan berbentuk kuncup
7. Pangkal ekor yang kaku serta panjang
8. Paha yang bulat, pipih, balungan yang besar dan pangkal yang menonjol ke depan (ini syarat wajib bagi saya,karena paha faktor tumpuan kekuatan )
9. Kaki kering dan sisik berbentuk seperti belahan buah belimbing
10. Jari kaki yang panjang serta kuat mencengkram

     Berikut diatas merupakan syarat untuk mencari ayam berkualitas bagus jika dilihat dari katurangganya saja, demi keseimbangan tubuh yang ideal. Meskipun banyak macam ayam bangkok, tapi untuk memenuhi segala syarat diatas lumayan sulit, selain itu faktor mental serta fisik adalah hal yang lebih penting diperhatikan. Faktor fisik bisa kita latih, faktor bentuk katuranggan tubuh bisa ita pilih, tapi untuk menilai mental dan gaya bertarung ayam itu sulit. Intinya ketika kita sudah mengenal ayam kita sendiri, maka kita bisa tau seperti apa karakter ayam kita. Bagi saya kokokan lantang ayam tak menjadikan jaminan ayam bermental bagus, saya pribadi pernah mengenal ayam yang berkokok serak tidak enak di dengar saja bisa mengalahkan ayam berkali-kali. Meskipun bukan saya pribadi yang memiliki itu ayam, tapi saya lumayan mengenal pemiliknya. Yang terakhir dari saya, pilih lah ayam bangkok yang mempunyai keturunan juara, sebab anakan secara tidak langsung akan memiliki sifat, mental, dan gaya tarung yang menuruni indukanya.

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Posting Komentar