Minggu, 01 Desember 2013

Cara Melatih Burung Beo Berbicara

 Burung beo






     Burung beo pastinya tidak lagi asing di telinga pecinta kicau ataupun pecinta satwa khususnya burung. Burung yang saat ini merupakan burung dilindungi, tetapi tak jarang juga masih banyak yang memeliharanya secara legal maupun ilegal. Burung beo dapat menirukan suara manusia, karena tingkat kecerdasanya diatas burung lain itu maka burung beo merupakan salah satu jenis burung populer. Burung beo hidup bebas dialam hutan dataran tinggi pegunungan, bukit-bukit, serta lembah dataran rendah yang memiiki ketinggan 2000m diatas permukaan laut. Burung beo memiliki penyebaran di berbagai negara seperti India, Srilanka, Filipina, dan Jawa tentunya masih ada tempat lain penyebaran lainya.

     Untuk memulai melatih burung beo ngomong tidak hal yang mudah, tapi tidak sulit pula apabila kita bisa rajin serta konsisten untuk melatihnya. Berikut saya akan berikan sepenggal tips untuk melatih beo anda bisa menirukan perkataan anda sebab beo memliki sifat peniru. Sebelum anda mengajari beo anda bicara tentu anda memilih bahan untuk diajari, pilihlah bahan beo yang masih muda. Maksimal beo berumur 6bulan, ibarat kaset dia adalah kaset kosong yang masih bisa anda isi memorinya. Selain memilih bahan coba dilakukan proses penjinakan, beo merupakan burung yang cepat jinak dan familiar dengan manusia jadi tidak membutuhkan waktu lama untuk menjinakan.
Cara melatih burung beo berbicara

Berikut langsung saja kita bahas urutan tips dari saya :

1. Mulailah mengajari dengan kosa kata yang tidak telalu panjang, cukup satu atau dua kata dulu saja contoh (Hallo, Apa kabar, Selamat pagi, dll) pilih saja kata-kata sederhana lainya.
2. Usahakan kata yang andakan jelas supaya beo benar benar mendengar ucapan anda.
3. Ulangi kosa kata yang anda ucapkan, secara bertahap beo akan menirukan.
4. Terus ulangi kosa kata sampai beo benar-benar bisa menirukan ucapan anda sebelum menambah kosa kata baru.
5. Latih paling tidak 5 - 10 menit setiap menemuinya untuk berlatih, berikan ucapan pujian baginya setelah dia bisa menirukan ucapan anda, anggap saja sebagai wujud sayang anda kepadanya.
6. Terakhir dan penting, kasih dia upah makanan setelah melatihnya, hal ini memberikan suatu hadiah buatnya, dan dengan sendirinya pasti beo akan ketergantungan dengan anda.

Menurut pengalaman orang yang sukses melatih beo, jangan ajarkan mereka bersiul dulu, karena bersiul akan menghambat beo menirukan suara tapi justru menirukan siulan anda. Jangan ucapkan kata kata jorok kepadanya.

      Berikut diatas sedikit tips proses pembelajaran bagi beo agar bisa menirukan omongan anda, sebenarnya masih banyak yang harus kita bahas tentang cara perawatanya, apa saja menu makananya, bagaimana membedakan jenis kelamin beo janatan dan betina. Mungkin saya tambahkan besuk untuk tips tips tambahan lainya.

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Posting Komentar