Jumat, 06 Desember 2013

Merawat Cucak ijo Mabung ( Ganti Bulu )

 Merawat cucak ijo jantan dan betina


   Cucak ijo burung yang memakan buah serta serangga, memiliki suara yang banyak di minati pecinta burung, selain untuk dinikmati suaranya untuk rumahan cucak ijo merupakan salah satu burung yang memiliki daftar kelas pada lomba kicauan. Cucak ijo memliki ukuran tubuh kira-kira 20-22cm, tergantung asal haitat mereka. Burung cucak ijo yang paling dikenal seperti berasal dari banyu wangi dan kepulauan sumatra. Untuk segi suara, para kicau mania dominan memilih cucak ijo asal banyu wangi karena volume nya lebih tebal. Untuk perbedaan cucak ijo jantan dan betina dewasa sangat jelas terlihat, dengan ciri fisik jantan memiliki topeng hitam pada kepalanya. Tetapi untuk membedakan cucak ijo jantan dan betina jika masih trotol atau muda lumayan sulit bagi yang belum begitu memahaminya. Untuk lebih jelasnya membedakn cucak ijo jantan dan betina sudah pernah saya jelaskan sebelumnya di postingan saya Di sini.

Mengenal karakter burung cucak ijo :
* Takut gelap
Burung cucak ijo gampang panik atau takut dalam lingkungan gelap, hindari menggantangkan cucak ijo dalam kegelapan atau membawa cucak ijo malam-malam, hal ini bisa menyebabkan burung ngruji dengan menghasilka luka pada mukanya.
*Mudah Jinak
Selain mudah perawatanya dari tangkapan hutan, cucak ijo jarang stres dan meskipun tangkapan hutan dia cepat berkicau. Hal ini disebabkan karena burung cucak ijo mudah beradaptasi dengan manusia.
*Semi fighter
Burung cucak ijo bukan murni burung petarung, hal yang membuat mereka bunyi dipengaruhi oleh tingkat birahinya dan penjagaan daerah teritorial. Jadi merasa terganggu jika didekatin cucak ijo lain.
*Pandai menirukan suara, tetapi cepat lupa.
Selain memiliki keleihan mudah dimaster burung cucak juga memiliki kekurangan mudah lupa. Sehingga banyak kicau mania mengatakan bahwa burung cucak ijo adalah burung bodoh. Hal ini lah yang harus diperhatikan pada cucak ijo yang sedang bodol/ngurak.

Perawatan Cucak ijo ngurak atau mengalami proses alami ganti bulu :
* Tambahkan Nutrisi tambahan Extra fooding yang lebih.
Burung mengalami ganti bulu perlu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, selain untuk tenaga juga membutuhkan asupan nutrisi untuk membentuk bulu-bulu barunya. Tambahkan menu makanan pisang/pepaya dan diberikan hal lebih dengan memberikan vitamin yang diperlukan, serta tambahkan porsi jangkrik yang lebih.
* Istirahatkan yang cukup
Istirahatkan burung anda dengan cara dikrodong dan biarkan dia istirahat sampai bulu-bulu kembali lengkap. Bukan berarti krodong full tanpa dibuka lho. Sinar matahari tetap dibutuhkan dalam pertumbuhan bulunya, dan tetap jaga kebersihan sangkarnya dengan membersihkan 2hari atau 3hari sekali.
* Dimaster suara burung pilihan anda
Pada saat burung istirahat tetap master buun cucak ijo kesayangan anda supaya memorinya terisi dan bertambah. Sebab burung cucak ijo adalah burung bodoh, maksudnya cepat lupa suara yang sudah dia nyanyikan, oleh sebab itu memaster suara burung anda pada saat istirahat dan ganti bulu akan menjanjikan hasil yang lebih maksial.

Kenapa harus memberikan perawatan tertentu saat burung mabung? 
Masa mabung adalah masa yang di tunggu serta dibenci kicau mania, ditunggu sebab jika perawatan benar dan maksimal akan menjadikan hasil yang lebih maksimal dari si burung. Nah hal kebalikanya terjadi bisa dibilang dibenci karena burung yang sudah bagus tidak dapat dinikmati dulu suaranya/tidak bisa turun lomba karena burung harus istirahat. Penanganan yang salah pasca mabung akan memberikan dampak negatif pada kualitas burung anda, jadi jangan heran ketika anda membeli burung bagus tetapi menjadi berkurang performnya ketika selesai mabung. Hal itu bisa terjadi karena kesalahan penangan anda pada saat mabung. Jadi perhatikan cara perawaan burung anda pada saat mabung, semoga bisa semakin meningkat performanya bersamaan bulu baru dan lagu barunya.

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Posting Komentar