Senin, 02 Desember 2013

Perbedaan Burung Perkutut Jantan dan Betina

perbedaan-burung-perkutut-jantan-dan-betina




   Buruung pekutut merupakan burung yang mempunyai pamor di masa zaman dulu, sampai sekarang juga masih banyak pminat burung ini. Dulu kebiasaan simbah-simbah yang memeliharaya, sebab pandangan orang jaman dulu bagi siapa saja yang mempunyai peliharaan burung perkutut, itu artinya dia merupakan kalangan menengah keatas atau bisa disebut mampu. Burung perkutut juga mempunyai kelas lomba sendiri, tapi tidak jadi satu dengan kelas kicau, sebab dari segi suara dia sudah berbeda tidak lagi disebut kicau melainkan (manggung) sebutan orang jawa. Agak memiliki kekurangan di mata kicau mania khususnya pecinta murai batu, sebab jika murai batu tampil membawakan lagu perkutut disebut jelek, dan mengurangi harga jual. Itu sebabnya para kicau murai tidak memelihara burung perkutut. Tapi tidak sedikit juga kalangan yang masih meminati suara burung ini, sebab suaranya merdu dan membuat suasanya hati mejadi nyaman. ibarat kicau mania lagu " rock " burung perkutut merupakan lagu "langgam" yang bisa di nikmati secara santai.

   Perkutut yang bagus dan bisa msuk juara pada saat lomba harganya bisa naik berjuta-juta bahkan berpuluh juta. Perkutut lomba pastinya berjenis kelamin jantan, sebab suara burung jantan lebih lantang, jelas, dari volumenya tetap diatas rata-rata suara perkutut betina. Faktor rajin dan kerasnya suara perkutut juga di pengaruhi hal tentang pola makanan, penjemuran yang cukup, serta obat-obatan bila di perlukan. Makanan perkutut tidak lah sulit hanya biji-bijian seperti, wijen, milet, gabah, beras merah serta asinan atau extra fooding yang berasal dari tulang sotong. Untuk mebedakan perkutut jantan atau betina tidak bisa hanya dengan suaranya saja, sebab perkutut betina pun juga bisa bunyi. Disini saya ingin memberikan sedikit tips tentang perbedaan perkutut jantan dan betina.

ciri-ciri perkutut jantan dan betina :

1. Meraba tulang supit (tulang disamping anus yang terletak diantara paha)pada burung yang anda akan pilih.
apa bila perkutut jantan, makaakan terasa ada gumpalan kecil yang lebih keras jika bandingkan betna yang lebih lunak. Lumayan sulit bagi pemula untuk melakukan cara ini.
2. Perhatikan corak putih diatas paruh,perkutut jantan memiliki corak putih dari pangkal paruh atas hinga pelipisnya, hal ini tidak dimilki untuk perkutut betina.
3.Apa bila perkutut yng anda pilih dari satu sarang, maka akanmembuat anda lebih mudah karena perbedaan bentuk serta ukuran tubuh yang jelas terlihat. Perkutut janatan memiliki ukura dan postur lebih besar dari betinyanya.
4. Bola mata perkutut jantan terlihat lebih tajam atau sangar jika dibandingkan perkutut betina yang lebih terlihat sayu.
5. Suara dan alunan lagu perkutut jantan lebih keras dan lantang serta lebih rajin bunyi.

 Berikut sedikit pengetahuan dari saya cara membedakan perkutut jantan dan betina.

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Posting Komentar