Senin, 01 April 2013

Telur Burung Gajah ?

 http://img.okeinfo.net/content/2013/04/01/56/784206/jNcnN72EEi.jpg

Gudang Burung - Sebuah fosil telur dari spesies burung yang sudah punah rencananya akan dilelang oleh sebuah rumah pelelangan, Christie. Telur yang memiliki ukuran lebih besar dari bola rugby dan berusia ratusan tahun ini diharapkan dapat mencapai harga lelang USD45 ribu (sekira Rp437 jutaan).


Dikutip RawStory, Senin (1/4/2013), salah seorang spesialis dari Chrsitie, James Hyslop mengatakan bahwa jenis telur ini merupakan telur terbesar yang pernah ada di dunia, termasuk dinosaurus.

“Telur ini berasal dari burung gajah yang termasuk dalam kelompok dinosaurus. Hal ini membuat spesies tersebut menghasilkan telur ukuran raksasa ini mengingat bentuk tubuhnya yang juga besar,” ungkap Hyslop.

Burung gajah merupakan istilah yang terdiri dari empat spesies yang hidup di Madagaskar, Afrika pada abad ke-17. Mereka diduga telah diusir keberadaannya oleh manusia, salah satunya melalui perburuan.

Sebelum adanya manusia, burung gajah menjadi penghuni pulau tersebut. Mereka menjadi contoh spesies di pulau-pulau cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebih besar (gigantisme) dibandingkan dengan yang di daratan.

Contoh gigantisme pulau lainnya dapat ditemukan pada hewan komodo,kura-kura Galapagosm dan tikus raksasa Flores. Namun, semenjak kedatangan manusia maka secara perlahan spesies ini pun menjadi punah.

Wikipedia menerangkan, nama burung gajah (Aepyornis Maximus) merupakan sebuah istilah dari Marco Polo yang sedang menjelajahi pulau dari Rukh pada 1298. Banyak yang memperkirakan istilah itu lebih mengacu pada burung elng yang cukup kuat untuk “merebut gajah dengan cakarnya”.

Aepyornis memiliki tinggi lebih dari 10 kaki atau sekira tiga meter dengan berat hampir 800 lb (sekira 400 kilogram). Telur-telur yang ditemukan milik burung terbesar di dunia ini, memiliki ukuran lingkar lebih dari tiga kaki tiga inci atau sekira tiga meter dengan panjang 13 inci (sekira 34 centimeter). Adapun, volume telur ini mencapai 160 kali lebih besar dibandingkan telur ayam.-okezone

0 komentar:

Posting Komentar