Selasa, 30 Juli 2013

Optimalnya Migrasi Puffin


Gudang Burung Sekilas burung ini memang terlihat mungil dan sangat lucu. Namun, burung Puffin memiliki kepintaran dalam membaca arah migrasi buat mereka sendiri secara optimal.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa burung jenis ini tidak bergantung pada genetik 'pemrograman' atau rute yang diberitahu oleh induk mereka sendiri. Hal tersebut membuat ilmuwan berpikir bagaimana mereka bisa melakukannya?

Sebuah penelitian secara tim dari Universitas Oxford dan Cambridge Microsoft Research memanfaatkan teknologi BAS penanda geolocator yang berfungsi untuk melacak pergerakan 18 burung Puffin. Delapan burung dari populasi ini telah terlacak melakukan perjalanan pulang pergi ke tempat yang sama selama dua tahun.

Studi ini menemukan bahwa burung-burung memetakan berbagai rute migrasi yang berbeda, tapi mereka tidak acak karena burung yang sama mengikuti rute yang sama setiap tahun. Fakta bahwa mereka mengikuti berbagai rute migrasi menunjukkan bahwa gerakan itu tidak ditentukan secara genetik.

Sejak puffin muda meninggalkan sarangnya sendiri dimalam hari, ternyata mereka lebih cepat melakuakan perjalanan pergi dari induknya, Ilmuwan berpikir bahwa mereka belajar rute langsung dari Puffin lain walau ini tampak seperti tidak masuk akal.

"Kami pikir itu mungkin, karena sebelum mereka mulai berkembang biak, puffin muda mengeksplorasi sumber daya laut yang ditawarkan dan datang dengan individu mereka sendiri. Rute migrasi sering berbada sangat radikal ," ungkap Profesor Tim Guilford, dari Oxford University bagian Zoologi, salah satu pimpinan dalam penelitian ini.

"Kecenderungan untuk mengeksplorasi dapat memungkinkan mereka untuk mengembangkan rute yang mengeksploitasi semua sumber makanan terbaik di daerah tertentu dimanapun dan mungkin berada," tambahnya, seperti dikutip TG Daily, Sabtu.

Para ilmuwan berpikir bahwa ini semacam "gerakan pramuka" untuk membuat rute perjalanan yang baik dan juga dapat digunakan oleh berbagai jenis burung terutama burung laut. Mereka dapat memilih untuk berhenti dan makan di laut mana-pun selama perjalanan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar