Jumat, 06 September 2013

Cara Merawat Burung Pleci

 cara merawat burung pleci




   Burung pleci merupakan burung yang kecil unik dan lucu tentunya dikalangan kicau mania.
Burung yang telah memiliki kelas lomba sendiri,ibarat naik pangkat si pleci ini, memelihara burung pleci juga tidaklah mesti orang kaya,burung ini burung semua kalangan. Bisa tua,muda,miskin,kaya,cewek,cowok semua bisa merawatnya dikarenakan harganya yang relatif murah. Untuk harga bakalan paling kisaran 10-20 ribu rupiah saja. Jadi tidaklah harus orang kaya yang bisa memiliki burung ini. Burung yang tersebar hampir merata di berbagai kawasan di indonesia,malaysia,singapura ini memiliki keunikan tersendiri karena imut ,lucu, serta cepat menirukan suara burung lain. Burung yang cepat beradaptasi ini sekarang mulai kembali naik daun,bahkan kemarin tanggal 1 September 2013 ,ada kopdar nasional bagi pleci mania nasional dengan tajuk acara "One Stop Pleci" yang diadakan di Taman Kuliner Yogyakarta. Dengan banyaknya pecinta burung ini semoga pleci tetap bisa bertahan dihati anda-anda semua.

   Perawatan burung ini pun tidaklah terlalu sulit,pasti juga sudah banyak postingan dan cara yang berbeda-beda  supaya rawatan burung pleci kita bisa pas dan pleci bisa cepet bernyanyi.
Hanya saja setiap burung tidaklah memiliki cara perawatan yang sama karena itulah kita harus belajar mengenali karakter burung kita. Sedikit share dari saya pribadi saja barang kali bisa anda coba bagi pemula yang ingin belajar merawat pleci supaya cepet ngalas terus bisa nyetak pleci ngerol dengan lagu-lagu unik.
Ini khusus pemula saja ya ,bagi yang senior pasti lebih paham xixixixixixxiiiiii.

   Sebelum merawat tentunya anda mesti memilih dulu bahan yang akan anda poles seperti apa.
Pilih burung yang muda, memiliki kepala besar,lingkar mata yang tebal,sayap mengapit kuat,paruh panjang lurus serta tebal,kaki yang mencengkram kuat,itu merupakan modal pertama bagi kita.meskipun agak sedikit lebih lama berbuyi dibanding ciri pleci yang lain,tapi syarat diatas menjanjikan burung yang memiliki mental yang bagus serta suara yang kencang.
Rawatlah jangan hanya 1 ekor pleci ,minimal 2 ekor untuk memulai dari bakalan.syukur-syukur tetangga ada yang memiliki pleci yang bagus,jadi anak didik kita cepat menirukan si guru hehehe.... rawatan harian cukup dengan pisang kepok,voer (banyak sudah macam voer khusus pleci ) tapi jangan kemakan iklan,pesen saya yang mahal belum tentu bagus. :D


Cara perawatan harian burung pleci.
Pagi
jam 05.00-07.00 : Keluarkan momongan anda diembunkan udara pagi,embunkan secara koloni saja jangan dipisah,embunkan secara berdekatan antara pleci 1dan yang lain.atau dicas dengan pleci yang lain.
jam 07.00-09.00 : Bersihkan kandang anda,ganti minum,isi pakan voer serta dikasih pisang, tidak perlu dikasih kroto.cukup diberi ulat hongkong saja 2 ekor pagi. Pengalaman saya kalau dikasih kroto jadi over birahi/kebanyakan ngriwik malah. Setelah di cek semua burung lalu di panaskan di terik matahari pagi, berilah tempat minum yang agak besar agar burung mau mandi.
jam 09.00-Sore   : Burung diangin-anginkan,gantang dengan jarak masing-masing 1-2 meter saja,berilah kesempatan burung anda untuk ngobrol dengan temanya,hehehehehe.... jadi bisa sekalian anda tinggal kerja atau kegiatan lainya.
jam 16.00-17.00 : Cek pakan serta minumnya lagi sekalian dicas bareng-bareng dibawah,kasih lagi 2 ekor ulat hongkong yang masih putih,selang 15menit gantanglah berjauhan agar pleci bisa bersahut-sahutan dan anda bisa mendengarkan ocehanya tentunya . Biasa menjelang mahgrib burung pleci semakin gacor.jadi waktu 1jam sudah cukup kan untuk menikmati suaranya.
jam 18.00-pagi    : Masukan burung burung rawatan anda biar ndak dicolong tuyul hahaaha,,,, gantang berdempetan saja tidak perlu dikrakap,serta berikan suara masteran untuk burung anda .Kalaupun anda kepingin ndengerin riwikan suaranya pas malam hari bisa ambil 1sangkar ditaruh dikamar mandi,karena pleci biasanya seneng dengan suara air gemricik,sekalian plecinya bisa nemenin anda mandi wahahahahaha.... jangan betah dikamar mandinya lho,sabun boros ntar :D.

Kalau cuma biar cepet bunyi aja saya kira cukup itu aja ndak perlu ada perawatan extra,tapi jika untuk lomba/latber silahkan pelajari sendiri karakter burung anda masing-masing. Pleci bunyi mau ngerol sih banyak mas,tapi buat bikin pleci mau nagen dan moncer pas digantang itu yang susah. Banyak faktor lain-lainya,entah itu ef ,umur ,mental. intinya pleci itu ndak seperti makanan instan yang cepat saji dan cepet abis. wkwkwkwkwkww
gitu aja bos sedikit share dari saya,jika ada kurangnya mohon maav.
serta kalau ada masukan saya siap menerima ilmu dari anda,karena bermain pleci tak semudah bermain merpati. Settinganya minta ampun heheheeeh...

Perbedaan pleci jantan dan betina ? disini

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Posting Komentar