Rabu, 27 November 2013

Ringneck Pheasant ( Ayam pegar kalung )

 Ayam hias ringneck pheasant kalung


     Ayam hias pegar kalung / ringneck pheasant merupakan burung dari kelompok dari famili pheaseanidae, termasuk jenis burung-burung kuau. Dimana mereka memiliki sifat dimorfisme seksual yang sangat kuat, dengan perbedaan warna bulu antara jantan dan betina yang sangat kontras pada masa dewasa. Pegar jantan lebih memiliki keindahan seperti warna bulu yang cerah dan kaya akan warna, serta memiliki ekor yang panjang dan cenderung lebih besar. Ukuran tubuh jantan memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan betina, sehingga lebih mudah dibedakan antara jantan dan betinanya. Burung/Ayam hias ini makan biji-bijian serta serangga, yang terpenting air bersih sangatlah diperlukan. Kini ayam pegar merupakan salah satu koleksi baru yang dicari bagi peminat ayam hias.

    Ayam pegar mulanya berasal dari wilayah china bagian barat, dengan suhu yang dingin tentunya habitat aslnya. Tapi ayam pegar sudah mulai sering dijumpai dan dibicarakan di indonesia pada khususnya. Bahkan denger-denger ayam pegar sudah bisa di kembangkan di iklim tropis di indonesia, sebab ayam jenis ini merupakan ayam yang memiliki adaptasi dan daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Tapi syarat minimal untuk pengembang biakan ayam jenis ini berumur 1tahun.

    Beberapa tahun lalu sempat ayam jenis ini hampir mengalami kepunahan, tapi karena adanya tindakan penangkaran akhirnya selamat dari kepunahan. Kini ayam ini memiliki popularitas tersendiri untuk kalangan penggemar unggas di indonesia. Kini ayam ini menjadi perburuan baru di bagi penggemarnya, karena belum terlalu banyaknya yang memiliki dan lumayan susahnya pengembangbiakanya menjadikan harganya fantastis. Kenapa bisa dibilang susah penangkaranya? karena ayam ini bisa bertelur tapi kurang baik dalam pelayanan pengeraman dari indukanya. Jadi bisa dengan solusi menitipkan pengeraman pada jenis lain atau dengan mesin inkubator penetasan.

Selain jenis pegar kalung / ringneck pheasant diatas jenis-jenis ayam pegar antara lain :
1. Ayam pagar emas ( Red Golden Pheasant )
2. Ayam pegar lady ( Lady Armherst Pheasant )
3. Ayam pegar Perak ( Silver Pheasant )
4. Ayam pegar Putih ( White Pheasant )
5. Ayam pegar Kuning ( Yellow Pheasant )

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Posting Komentar