Rabu, 27 November 2013

Red Golden Pheasant ( Ayam Pegar Emas )

 Red Golden Pheasent




    Ayam pegar emas, tetap memiliki postur yang sama dengan jenis pegar lainya. Perbedaanya hanyalah warna bulunya lebih indah, perpaduan antara merah menyala dan emas di bulu-bulu nya memanjakan mata bagi yang melihatnya. Awalnya unggas ini berasa dari dataran china bagian barat, namun untuk saat ini banyak pecinta unggas di inggris yang menangkarkanya, bahkan sekarang mulai menyebar ke indonesia pecinta ayam ini. Unggas yang memiliki postur panjang dan bulu indah ini sungguh bagus alur warnanya, sehingga tak heran jika banyak peminat untuk memilikinya. Bahkan unggas ini mendapatkan sebutan ayam hias paling cantik didunia.

     Red golden pheasent dewasa jantan rata-rata memiliki uuran panjang tubuh kisaran 95cm -120cm, sedangkan untuk jenis betina lebih pendek yaitu hanya berukuran kisaran 50cm-75cm saja. Konon ayam pegar jenis ini memiliki unsur tradisi dan seni yang kental dalam masyarakat china selama ini. Burung-burung indah asli pegunungan china ini sudah umum menjadi jenis burung atau unggas tangkaran, tapi bagi penangkar sendiri belum banyak yang diketahui akan kebiasaan alaminya di hutan. Semua ini karena habitat asli dihutan pada unggas jenis ini sulit diakses manusia, sehingga menjadikan minimnya pengetahuan akan perilaku alami pegar ini. Sebab habitatnya dipenuhi akan pohon belukar yang lebat bahkan pada lerengan hutan-hutan yang berbahaya pada pegunungan.

     Unggas jenis ini juga dapat terbang dalam ketinggian, namun tak jarang ditemui bertenger pada tanah untuk mencari makan, sebab makananya adalah biji-bijian dan serangga layaknya ayam hutan. Untuk penangkaran paling tidak bisa digunakan dengan ruangan minimal 2m x 1m dengan tinggi 3m dan atas tetap ditutup untuk mengantisipasi terbang. Bagian alas dasar cukup dengan tanah atau pasir, karena jenis-jenis unggas tidak suka mandi air, tapi melainkan mandi pasir atau di sebut ( kipu) dalam bahasa jawanya. Dalam pengeraman telurnya unggas ini kurang pandai menggerami, sehingga kita bisa menitipkan telurnya pada ungggas jenis lainya seperti angsa, atau mentok untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Selain jenis Red golden pheasant diatas jenis-jenis ayam pegar antara lain :
1. Ayam pegar kalung ( Ringneck Pheasant )
2. Ayam pegar lady ( Lady Armherst Pheasant )
3. Ayam pegar Perak ( Silver Pheasant )
4. Ayam pegar Putih ( White Pheasant )
5. Ayam pegar Kuning ( Yellow Pheasant )



Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Posting Komentar